Usul Asal Usil

sebuah blog yang dibuat atas dasar pemikiran '140 karakter belum cukup'

Friday, 13 November 2009

PERAN GRAVITASI DALAM KEHIDUPAN

"Yang telah menciptakan tujuh langit berlapis-lapis. Kamu sekali-kali tidak melihat pada ciptaan Tuhan Yang Maha Pemurah sesuatu yang tidak seimbang. Maka lihatlah berulang-ulang, adakah kamu lihat sesuatu yang tidak seimbang?" (QS 67:31)

Segala puji bagi Allah, Tuhan Semesta Alam, yang telah memberikan rizki dan karunia-Nya kepada kita, agar kita dapat beraktivitas, agar kita dapat senantiasa beribadah kepada-Nya sampai tiba saatnya, jiwa kita dicabut dari jasad dan meninggalkan dunia fana.

Shalawat serta salam, senantiasa tercurah kepada jungjunan kita Nabi Besar Muhammad SAW, kepada keluarganya, sahabat, para tabi'in dan tabi'at, serta kita, umatnya hingga akhir zaman.

Manusia, diberi akal dan hati sebagai potensi untuk mencari kebenaran yang terkandung dalam setiap gerak - gerik yang kita lakukan, serta kejadian - kejadian alam yang terjadi di sekitar kita baik yang terlihat oleh mata, maupun yang kasat mata.

Sebenarnya, banyak sekali kejadian - kejadian alam yang terjadi disekitar kita, yang memiliki manfaat yang sangat besar, akan tetapi banyak dari kita yang tidak menyadarinya. Entah tidak tahu atau tidak mau tahu akan hal tersebut. Salah satu kejadian alam tersebut adalah gaya gravitasi.

Gravitasi adalah salah satu gaya dasar dari empat gaya dasar yang merupakan hal terpenting untuk berlangsungnya semua gerakan fisik yang ada di Alam Semesta. Selain gaya gravitasi, ada pula gaya elektromagnetik, gaya nuklir kuat dan gaya nuklir lemah yang mempengaruhi gerakan alam semesta. Allah swt telah menetapkan tetapan gaya gravitasi secara tepat dan seimbang.


Menurut Michael Denton, ahli biologi molekuler terkenal, menjelaskan keseimbangan luar biasa pada gravitasi:


“Jika gaya gravitasi satu trilliun kali lebih kuat, alam semesta akan jauh lebih kecil dan sejarah hidupnya jauh lebih pendek. Sebuah bintang biasanya mempunyai massa satu trilliun lebih kecil dari matahari dan masa hidup sekitar satu tahun. Di lain pihak, jika gravitasi kurang kuat, tidak ada bintang atau galaksi yang pernah terbentuk....”


Jika tetapan gaya gravitasi bertambah atau berkurang, keseimbangan di Alam Semesta akan terganggu. Akibat yang di timbulkan jika tetapan gravitasi bumi lebih kuat, akan menyebabkan atmosfer bumi menahan terlalu banyak amonia dan metana yang merusak kehidupan. Sedangkan, jika gravitasi bumi lebih lemah, atmosfer bumi akan kehilangan air sehingga kehidupan tidak dapat berlangsung.


Rotasi Bumi juga akan terganggu jika tetapan gravitasi berubah. Jika gravitasi matahari jauh lebih kuat lagi, rotasi bumi akan lebih cepat dan kecepatan angin pada atmosfer menjadi tinggi, menyebabkan topan badai terbentuk dan tidak memungkinkan kehidupan berlangsung. Sedangkan, jika lebih lambat, perbedaan temperatur siang dan malam terlalu besar.


Begitu pula pada gaya gravitasi antara bumi dan bulan. Jika lebih besar, gaya tarik bulan akan menimbulkan dampak serius terhadap kondisi atmosfer bumi, kecepatan rotasi bumi dan pasang surut laut. Jika lebih kecil, akan terjadi perubahan iklim secara ekstrim.


Pengaruh jauh dan dekatnya jarak bumi dan bulan berdampak pula pada gaya tarik – menarik bumi dan bulan. Jika jarak keduanya sedikit lebih dekat saja, pengaruh bulan terhadap pasang surut air laut akan mencapai dimensi yang membahayakan. Ombak lautan akan membanjiri dataran rendah. Pergesekan yang terjadi sebagai akibatnya akan meningkatkan temperatur lautan dan keseimbangan temperatur yang penting bagi kehidupan di bumi akan hilang. Jika jarak keduanya sedikit lebih jauh saja, pasang surut akan berjurang, menyebabkan lautan tidak bergerak. Air yang diam akan membahayakan kehidupan di laut, dan kadar oksigen yang kita hirup pun berkurang.


Sungguh sangat menajubkan. Semua ciptaan Allah yang ada di langit dan bumi, memiliki banyak rahasia dan manfaat. Andaikata kita mau memikirkan kejadian - kejadian tersebut, Insya Allah, Allah akan menambahkan keimanan kedalam hati kita dan menjadikan kita lebih optimis dalam menjalani hidup ini.


Nah, mungkin segitu yang dapat saya sampaikan kali ini. Semoga bermanfaat!!!

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home